Turunan Fungsi Aljabar
RPP untuk IPK
3.8.1
|
Mata Pelajaran
|
Matematika
Wajib
|
|
|
Kelas/ Semester
|
XI / Genap
|
|
|
Alokasi Waktu
|
2 JP
|
|
|
Tujuan Pembelajaran
|
KD 3
|
KD 4
|
|
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan
menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat
turunan fungsi
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
|
|
IPK
3
|
IPK 4
|
|
|
3.8.1
menentukan turunan
fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi dan
aturan rantai
|
4.8.2 Menggunakan prosedur untuk menentukan turunan
fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
|
|
|
Materi Pembelajaran
|
sifat-sifat
turunan fungsi aljabar dan aturan rantai
|
|
|
|
||
|
Model:
Saintifik
Deskripsi:
Peserta didik dapat menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan
definisi atau sifat-sifat turunan fungsi dan aturan rantai
|
Langkah Pembelajaran :
Mengamati
1. Guru memposting
video pembelajaran berkaitan konsep sifat-sifat turunan aljabar dan aturan
rantai: https://www.youtube.com/watch?v=N621yvjwpb8&t=499s
2. Peserta didik
memperhatikan penjelasan melalui video
Menanya
3. Guru mengarahkan
peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan
aturan rantai
4. Guru memotivasi
peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami dari masalah yang disajikan melalui grup kelas whatsapp
Mengumpulkan informasi
5. Peserta didik
diminta untuk menuliskan informasi berkaitan dengan sifat-sifat turunan dan
aturan rantai dari video yang disajikan
Mengasosiasi
6. Peserta didik berdiskusi
tentang apa yang dipelajari melalui grup kelas whatsapp
7. Guru mencermati
peserta didik yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk
bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8. Guru memberikan
bantuan kepada peserta didik untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh
peserta didik
Mengomunikasikan
9.. Beberapa
perwakilan peserta didik menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas
pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dipelajari.
10. Peserta didik yang
lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi
tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
|
|
Alat,
Bahan, Media:
▪ Whatsapp grup, blog
▪ Video
▪ Buku Pelajaran
▪ Alat tulis dan kertas
|
||
|
|
||
|
Asesmen:
▪ Tes tertulis via daring:
5 soal
|
||
Komentar
Posting Komentar