Turunan Fungsi Aljabar

RPP untuk IPK 3.8.1
Mata Pelajaran
Matematika Wajib
Kelas/ Semester
XI / Genap
Alokasi Waktu
2 JP
Tujuan Pembelajaran
KD 3
KD 4
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
IPK 3
IPK 4
3.8.1 menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi dan aturan rantai
4.8.2 Menggunakan prosedur untuk menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
Materi Pembelajaran
sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan aturan rantai

Model:
Saintifik

Deskripsi:
Peserta didik dapat menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi dan aturan rantai

Langkah Pembelajaran :
Mengamati
1.  Guru memposting video pembelajaran berkaitan konsep sifat-sifat turunan aljabar dan aturan rantai:  https://www.youtube.com/watch?v=N621yvjwpb8&t=499s
2.  Peserta didik memperhatikan penjelasan melalui video
Menanya
3.  Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan pertanyaan terkait dengan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan aturan rantai
4.  Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan melalui grup kelas whatsapp
Mengumpulkan informasi
5.  Peserta didik diminta untuk menuliskan informasi berkaitan dengan sifat-sifat turunan dan aturan rantai dari video yang disajikan
Mengasosiasi
6.  Peserta didik berdiskusi tentang apa yang dipelajari melalui grup kelas whatsapp
7.  Guru mencermati peserta didik yang mengalami kesulitan dan membrikan kesempatan untuk bertanya tantang hal-hal yang belum dipahami.
8.  Guru memberikan bantuan kepada peserta didik untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
Mengomunikasikan
9.. Beberapa perwakilan peserta didik menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan terkait dengan apa yang dipelajari.
10. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Alat, Bahan, Media:
▪ Whatsapp grup, blog
▪ Video
▪ Buku Pelajaran
▪ Alat tulis dan kertas

Asesmen:
▪ Tes tertulis via daring: 5 soal

Komentar